Pengunci Otomatis Nirkabel, Bisa Dipakai di Kampus Hingga Penjara

Komunikasi nirkabel (wireless) bisa mendukung budaya disiplin. Inilah yang dibuktikan oleh Aloysius Alfa Adji Putra (22) mahasiswa Sistem Komputer Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKOM) Surabaya.

Dalam waktu enam bulan, Aloysius berhasil menciptakan aplikasi Pengunci Otomatis Berbasis Nirkabel. Sesuai namanya, kerja aplikasi ini tidak menggunakan kabel tapi wireless atau gelombang radio.

Saat diuji di kampusnya, Aloysius menjelaskan bahwa ketika alat pengunci otomatis itu dipasang, komputer atau server diberi perintah untuk mengunci pintu. Alat ini bisa diatur sesuai jadwal. Dalam kelas perkuliahan misalnya, pintu akan menutup otomatis ketika jadwal kuliah berlangsung.

Alat tersebut menerapkan sistem komunikasi satu arah, sehingga perintah otomatis hanya bisa dilakukan dari server saja. Pengunci otomatis ini membutuhkan algoritma pengiriman dan penerimaan data pada penulisan program yang dibuat. Metode ini memiliki kelebihan yaitu panjang data dan aturan pengiriman data dapat diubah sesuai kebutuhan.

Ciptaan mahasiswa ber-IPK 3,94 ini memang didasarkan pada penerapan aturan "Nol Menit" di perkuliahannya. Yaitu kelas harus sudah dikunci saat jam kuliah berlangsung sehingga bisa membudayakan kedisiplinan pada mahasiswa.

"Meski sudah ada aturan nol menit, tapi banyak dosen yang nggak tega melihat mahasiswanya terlambat, terus akhirnya pintu dibukain. Kalau ini terjadi terus, lama-lama aturan itu akan terus dilanggar. Karena itu saya menciptakan alat ini," kata Aloysius, Kamis (19/1/2012).

Bermodal biaya Rp 1 juta-1,5 juta, Aloysius membuat pengunci otomatis itu untuk tugas akhirnya. Namun, menurut anak kedua dari dua bersaudara itu, alat pengunci otomatis nirkabel ini juga bisa digunakan di penjara, sekolah dan rumah. Bahkan, di penjara, pengoperasiannya justru lebih mudah. Karena jadwalnya lebih tetap. Sedangkan di rumah, perintah bisa dilakukan melalui SMS.

Aloysius berharap alat ini bisa dimanfaatkan dan lebih dikembangkan sesuai perubahan zaman. Dengan nirkabel, jangkauannya lebih luas dan pemasangannya pun lebih mudah.(git)





Courtesy Of: http://kelanakota.suarasurabaya.net/?id=2b187df4b56cb23669435acea1a5c3322012102251
Diposting oleh — Kamis, 19 Januari 2012

There are currently no comments for "Pengunci Otomatis Nirkabel, Bisa Dipakai di Kampus Hingga Penjara"

Add your Comment :

./My Pathner

Popular Games

free counters

Label 1

Anda Bisa Kirim Sms Dari Sini

Chat book

Fullkodok mengucapkan Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin | Yang Saat ini lagi Online :
Follow