Programmer Mencuri Source Code senilai 9,5 Juta US Dollar dari NY Federal Reserve Bank

Seorang programmer yang telah dikontrak untuk mengembangkan sebuah software yang disebut Government-Wide Accounting and Reporting Program (GWA) untuk Bank Federal Reserve New York (FRBNY) telah ditangkap karena mencuri bagian dari source code, dimana untuk membangun dan mengembangkannya, Amerika Serikat telah mengeluarkan dana sebesar $ 9,5 juta.


FBI merilis sebuah pernyataan yang menunjuk pada Bo Zhang, seorang asal New York yang berusia 32 tahun sebagai tersangka utama dalam kasus pencurian ini. Diduga, Bo Zhang telah bekerja di FRBNY dan di tugaskan untuk bekerja pada proyek pengembangan software yang secara khusus menangani beberapa bagian dari Source Code GWA pada periode Mei - Agustus 2011 lalu.


Selama periode ini, tersangka telah menyalin Source code GWA tersebut ke hard drive dan kemudian di salin lagi ke tiga perangkat komputasi lainnya. Bo Zhang mengakui bahwa dia telah menggunakan kode tersebut ke dalam jaringan bisnis swasta yang dimilikinya di sebuah lembaga pendidikan tempat ia mengajarkan pemrograman komputer.


Menurut Janice K. Fedarcyk, Asisten Direktur FBI: “Zhang telah mengambil keuntungan melakukan akses dengan menggunakan posisi yang telah di percayakan untuk mencuri perangkat lunak berpemilik yang sangat penting. Walaupun tindakannya ini berkaitan dengan perangkat lunak yang bukan material, namun tindakan mencuri dan menyalin ini dapat mengancam keamanan Source Kode yang sangat penting.”


Government-Wide Accounting and Reporting Program (GWA) adalah sebuah sistem perangkat lunak yang digunakan oleh Departemen Keuangan AS untuk membantu melacak keuangan pemerintah. Selain itu, sistem yang dikelola oleh FRBNY ini juga memiliki catatan-catatan Lembaga Federal yang berisi laporan saldo rekening mereka di Departemen Keuangan AS.


Untuk perbuatannya ini, jika terbukti bersalah maka Zhang akan menghadapi hukuman maksimal 10 tahun penjara dan denda sebesar 175.000 USD


Seperti kasus diatas, menunjukkan bahwa infrastruktur dunia maya kita masih rentan tidak hanya untuk para kriminal dunia maya dan hacker, tetapi juga seperti Bo Zhang yang menggunakan posisinya sebagai karyawan kontrak untuk mencuri properti intelektual pemerintah.


“Memerangi kejahatan Cyber adalah salah satu prioritas utama kantor ini dan kami agresif dalam mengejar siapa saja yang menciptakan keadaan beresiko bagi keamanan komputer,” demikian kata Preet Bharara, Jaksa Manhattan AS.





-Sumber: http://beritanet.com/Technology/Berita-IT/Programmer_Mencuri_Source_Code_senilai_95_Juta_US_Dollar_dari_NY.html
Diposting oleh — Senin, 23 Januari 2012

There are currently no comments for "Programmer Mencuri Source Code senilai 9,5 Juta US Dollar dari NY Federal Reserve Bank"

Add your Comment :

./My Pathner

Popular Games

free counters

Label 1

Anda Bisa Kirim Sms Dari Sini

Chat book

Fullkodok mengucapkan Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin | Yang Saat ini lagi Online :
Follow